Perbaiki Jalan, Provinsi Sumut Terima Dana Hibah Rp41 Miliar

Rapat tertutup

topmetro.news – Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut) menerima dana hibah sebesar Rp41 miliar untuk perbaikan jalan provinsi.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Provsu, Bambang Pardede saat melakukan pertemuan dengan wartawan di Kantor Gubernur Sumut, Jumat (9/4/2021).

Acara yang difasilitasi Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) dibawah kepemimpinan Kepala Dinas Irman.
“Jadi ada dana hibah pusat ke daerah dan kabupaten. Tahun ini untuk perbaikan jalan provinsi kita menerima dana hibah Rp41 miliar,’ ucap Bambang.

Ia melanjutkan jika Pemprov Sumut bisa menyerap dana hibah itu lebih, misalnya bisa sampai dengan Rp38 miliar ataupun lebih dari Rp41 miliar, maka ke depan pusat juga akan bisa memberikan dana lebih.
“Kalau serapan kita besar, mereka (red-pusat) juga bisa kasih besar. Dan saat ini untuk perbaikan jalan provinsinya masih kita lelang. Semoga kita mendapatkan kontraktor-kontraktor yang bertanggung jawab,” sebutnya.

Lebih lanjut ia juga mengatakan untuk dana perbaikan jalan dari APBD sendiri pada tahun ini sekitar Rp402 miliar. Sedangkan dari Dana Alokasi Khusus (DAK) ada empat paket pengerjaan yang akan dilakukan. Empat paket itu untuk pengerjaan perbaikan jalan di Langkat, kemudian perbatasan di Kabupaten Toba, kemudian perbatasan Labura dan Asahan serta di Labura.
“Masing-masing paket ada nilai proyeknya Rp16 miliar, kemudian Rp26 miliar, Rp13 miliar dan Rp24 miliar,’ tambahnya.
Harapannya ke depan, pengerjaan ini juga dapat dilakukan oleh kontraktor secara bertanggung jawab. Sehingga pemeliharaan jalan provinsi di Sumut semakin baik.
Lelang dini
Bambang Pardede juga mengatakan bahwa kondisi jalan rusak di Sumut saat ini juga masih dalam audit BPK. Setelah audit BPK selesai, maka pihaknya akan mengetahui dari 3.000 an kilometer jalan provinsi di Sumut berapa banyak yang rusak.
“Setelah audit BPK selesai, maka kita akan tahu berapa banyak jalan provinsi yang rusak dan pemantapan jalan kita sesuai target RPJMD yakni 95 persen,” sebutnya.
Bukan hanya itu, ke depan sebagai Kadis ia juga akan melakukan lelang dini untuk proyek di Dinas Bina Marga. Hal ini agar mempercepat pembangunan di Sumut. “Jadi untuk pengerjaan tahun depan misalnya, mulai bulan 11 sudah bisa kita mulai lelangnya. Saya juga sudah bicarakan ini dengan Buk Sekda,’ sebutnya.

Penulis l Erris JN

Related posts

Leave a Comment